x

Bangga! Pemain Timnas Voli Indonesia Bakal Abroad, Sosok Ini Teken Kontrak di Bulgaria?

Jumat, 26 Mei 2023 15:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Salah satu jebolan Timnas Voli Putra Indonesia dikabarkan akan dikontrak oleh klub Bulgaria. Fahry Septian Putratama atau Rivan Nurmulki?

INDOSPORT.COM - Salah satu jebolan Timnas Voli Putra Indonesia dikabarkan akan dikontrak oleh klub Bulgaria. Fahry Septian Putratama atau Rivan Nurmulki?

Jika pemain sepak bola sudah mulai marak dikontrak oleh klub luar negeri, mulai Asia hingga Eropa, kini saatnya pemain voli Indonesia yang melebarkan sayapnya.

Kabar ini pertama kali datang dari akun Instagram @voligram pada Kamis (25/5/23).

"Pekan depan salah satu pemain Timnas Indonesia akan melakukan tanda tangan kontrak bersama tim VLeague Bulgaria," tulisnya.

Kabar ini beredar cepat di media sosial Twitter dan Facebook. Banyak netizen yang menduga-duga siapakah sosok pevoli yang akan dikontrak oleh klub luar negeri itu.

Baca Juga

Melihat siluet yang ditampilkan oleh akun Instagram @voligram, netizen gerak cepat mencari siapa sosok tersebut. Akhirnya ada orang yang berhasil menjawab teka-teki ini. 

Akun Instagram @lifco_photography pernah mengunggah sebuah foto, yang jika diedit akan membentuk siluet yang sama. Sosok yang ada di foto itu adalah Fahry Septian. 

Baca Juga

Namun, banyak juga yang menduga jika pemain Timnas Voli Putra Indonesia yang benar-benar layak bermain di luar negeri adalah Rivan Septian Putratama.

Diketahui, Timnas Voli Putra Indonesia baru saja meraih medali emas SEA Games 2023. Kini mereka menatap target yang lebih tinggi, yakni juara Asian Games 2023.

Baca Juga

1. Sekilas Tentang Fahry Septian dan Rivan Nurmulki

Pemain voli terbaik Proliga 2023, Fahry Septian Putratama dirumorkan akan dikontrak oleh klub Bulgaria. (Foto: Instagram@fahryseptian_)

Ada dua nama yang mencuat saat sejumlah akun pencinta voli mengabarkan bakal ada pemain Timnas Voli Putra Indonesia yang segera dikontrak oleh klub Bulgaria. 

Pertama, Fahry Septian Putratama. Ia merupakan outside hitter dari klub Jakarta LavAni Allo Bank, yang baru saja menyabet gelar pemain terbaik Proliga 2023 putra.

Fahry lahir di Bantul, Yogyakarta, pada 26 September 1998. Pria berusia 25 tahun itu memiliki tinggi 187 cm, dan spike 335 cm, serta block 320 cm.

Fahry juga bermain sangat dominan, hingga Timnas Voli Putra Indonesia berhasil sapu bersih kemenangan di SEA Games 2023, dan mempertahankan medali emas.

Kedua, ada nama Rivan Nurmulki. Pemain kelahiran Jambi itu mengawali kariernya lewat turnamen lokal di kampung halaman.

Baca Juga

Meski memulai karier di dunia voli pada usia yang cukup terlambat, 16 tahun, ternyata tak membuat Rivan minim pengalaman. Ia bahkan lebih banyak bermain di luar negeri.

Rivan Nurmulki sempat bermain di klub asal Thailand, Nakhon Ratcashima The Mall saat tahun 2019. Dia lantas meneruskan kariernya di Jepang, tepatnya di tim Nagano Tridents.

Baca Juga

Namun pada tahun 2023 ini, Rivan kembali ke klub profesional pertamanya, Surabaya Samator. Total dia sudah menyabet empat titel Proliga untuk klub yang menaunginya.

Pemain berpostur 194 cm itu telah dilantik menjadi anggota Polisi pada Maret 2017. Hal ini merupakan bentuk hadiah dari tim atas prestasinya bersama Surabaya Samator.

Dengan rekam jejaknya di Indonesia hingga Asua, membuat Rivan Nurmulki jadi pemain yang benar-benar layak untuk merambah lebih jauh ke kompetisi Liga Bulgaria.

Baca Juga
VoliBulgariaTimnas Voli IndonesiaRivan Nurmulki

Berita Terkini